Sugeng Rawuh

Selamat datang di sarana belajar yang ala kadarnya ini. semoga bisa menjadi media pembelajaran kita untuk terus belajar dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran dan pendidikan matematika.
knowledge is a power
information is liberating
education is the premise of progress, in every society, in every family

Daily Calendar

Minggu, 04 Januari 2009

Bermain dengan Matematika

  1. Ayah Andi memiliki lima anak, yaitu: titi, toto, tutu, tete. Pertanyaannya: siapakah nama anak kelimanya ?
  2. Seorang pembalap A menyalip pembalap didepannya yang berada di posisi 7. berada di posisi keberapa pembalap A tersebut ?
  3. Pikirkan sebuah bilangan cacah, kemudian bilangan tersebut kamu kalikan 2. lalu hasilnya kamu kalikan lagi dengan 5, setelah itu hasil terbarunya kamu bagi dengan bilanganmu yang pertama tadi (bilangan rahasiamu tadi). Kemudian hasilnya kamu tambahkan dengan 3, kemudian kurangi dengan 7. Hasil akhirnya pasti 6.
  4. Untuk menarik minat pelanggannya, manajer suatu supermarket memberikan kupon berhadiah kepada setiap orang yang membeli barang di supermarket tersebut dengan nilai lebih dari Rp. 25.000. Di balik kupon tersebut, tertera salah satu dari bilangan-bilangan berikut: 9, 12, 42, 57, 69, 21, 15, 75, 24 atau 81. Pembeli yang berhasil mengumpulkan beberapa kupon dengan jumlah bilangan-bilangan dibalik kupon tersebut sama dengan 100 akan diberi hadiah TV 21 inch. Jika manajer supermarket tersebut menyediakan sebanyak 10 buah TV 21 inch, maka berapa banyak TV yang harus diserahkan kepada para pelanggannya ?
  5. Andi dan Budi masing-masing memiliki 5 potong roti dan 3 potong roti. Kemudian datanglah Ami dengan senyum cerahnya bergabung ngobrol dengan Andi dan Budi. Kemudian mereka menggabungkan roti miliki Andi dan Budi sehingga jumlahnya menjadi 8 potong roti. Karena mereka bertiga dan akan membagi adil roti tersebut maka tiap roti mereka potong menjadi tiga bagian sehingga kini didapatkan potongan roti sebanyak 24 buah, dan dibagi masing-masing tiap anak mendapatkan 8 buah potong. Mereka ngobrol ngalor ngidul hingga akhirnya tertidur. Ketika bangun, ternyata Ami telah pulang dan meninggalkan 8 keping uang sebagai ucapan terima kasih. Berapa bagian uang yang seadil-adilnya untuk Andi dan Budi ?
  6. Seorang petani mempunyai 3 anak dan juga 7 ekor kambing. Sebelum meninggal dunia ia berwasiat pada anak-anaknya bahwa bila ia meninggal dunia nantinya supaya anak pertama mendapat ½ dari 7 ekor kambing. Anak kedua mendapat ½ bagian dari anak pertama, dan anak ketiga mendapat ½ bagian dari anak kedua. Berapakah bagian masing-masing anak ? (ingat kambing tersebut harus dalam keadaan utuh).
  7. Beberapa bebek sedang berjalan beruntun. Dua ekor bebek ada didepan yang satu, dua ekor bebek ada dibelakang yang satu, dan seekor ada di tengah. Berapa ekor bebek paling sedikit ?
  8. Ada dua bapak dan dua anak. Mereka membeli beberapa buah apel. Berapa buah apel minimum harus mereka beli agar tiap-tiap orang dapat sebuah apel ?
  9. Seorang bapak dengan berat 70 kg dan dua orang anaknya dengan berat masing-masing 35 kg dan 40 kg. Mereka akan menyeberang sebuah sungai dengan perahu yang daya muatnya hanya 80 kg. Bagaimana caranya supaya mereka dapat menyeberang menggunakan perahu tersebut ?
  10. Ada 3 cangkir teh yang belum diberi gula dan 14 gandu gula pasir. Bagaimana caranya membagi gula itu agar masing-masing cangkir mendapat bagian yang ganjil sehingga ke 14 gandu gula itu habis terbagi ?
  11. Jumlah 9 bilangan genap yang berurutan adalah 4122. Berapakah selisih bilangan terbesar dan terkecilnya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini