Sugeng Rawuh

Selamat datang di sarana belajar yang ala kadarnya ini. semoga bisa menjadi media pembelajaran kita untuk terus belajar dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran dan pendidikan matematika.
knowledge is a power
information is liberating
education is the premise of progress, in every society, in every family

Daily Calendar

Minggu, 08 November 2009

Jenis Jenis Penelitian

Jenis Jenis Penelitian
A. Penelitian ditinjau dari Tujuan
1. Penelitian dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori dan lebih bersifat praktis. Penelitian ini berkenaan dengan penemuan dan pengembangan ilmu.
2. Penelitian terapan
Penelitian terapan dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah masalah praktis.
3. Penelitian pengembanan
Penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran.

B. Penelitian ditinjau dari pendekatan atau waktu
1. Penelitian pendekatan longitudinal (pendektan bujur)
Yang perlu diperhatikan dalam pendekatan ini adalah waktu pencatatan yang dilakukan. Kelebihan dari penelitian ini adalah subjek yang diamati sama sehinga factor factor intern individu tidak berpengaruh terhadap hasil. Kelemahannya adalah waktu penelitian yang sangat lama dan dikhawatirkan dalam jangka waktu yang lama telah banyak perubahan kondisi karena perubahan zaman.
2. Penelitian pendekatan cros sectional (pendekatan silang)
Pendekatan silang ini tidak menggunakan subjek yang sama dan dalam waktu yang bersamaan peneliti dapat menamati perkembangan berfikir siswa secara serentak. Kelebihannya data lebih cepat terkumpul karena waktunya yang bersamaan.kekuranganya yaitu adanya factor intern yang berpengaruh terhadap hasil.
C. Penelitian ditinjau dari bidang ilmu
1. Penelitian akademis
Penelitianyang dilakukan oleh para mahasiswa dalam membuat skripsi,tesis ataupun disertasi dan penelitian ini bertujuan sebagai sarana edukatif sehingga lebih mementingkan validitas internal.
2. Penelitian professional
Merupakan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti (dosen) dengan tujuan untuk menguji atau mendapat pengetahuan baru baik itu ilmu, teknologi ataupun seni. Penelitian ini menggunakan kaidah keilmuan penelitian secara lengkap dan terstrukutr sehingga hasilnya dapat berguna untuk pengembangan ilmu.
3. Penelitian institusional
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan lembaga dan hasil penelitian ini akan sangat berguna bagi pimpinan untuk mengambil kebijakan.
D. Penelitian ditinjau dari tempatnya
1. Penelitan laboratorium
Penelitian yang dilakukan di laboratorium bukan hanya dalam ilmu pengetahuan alam saja tetapi juga dalam bahasa.
2. Penelitian perpustakan
Selain penelitian di laboratorium, penelitian yang dilakukan diperpustakaan juga banyak dilakukan. Misalnya tentang analisis isi buku. Penelitian ini akan menghasilkan suatu kesimpulan tentang gaya bahasa buku, kevenderungan isi buku, tata tulis, ilustrasi dan lain sebagainya.
3. Penelitia lapangan
Penelitian yang banyak dilakukan adalah penelitian lapangan. Dalam bidang pendidikan penelitian lapangan in bias berad di sekolah, keluarga, masyarakat atapun lembaga pendidian informal lainnya.
E. Penelitian ditinjau dari metode
1. Penelitian Historis
Tujan penelitian historis adalah untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, mengverifikasikan serta mensintesiskan bukti bukti untuk menegakkan fakta dan memeproleh kesimpoulan yang kuat. Penelitian yang demikian ini berkaitan dengan hipotesis.
2. Penelitian perkembangan
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan perubahan sebagai suatu fungsi waktu.
3. Penelitian korelasi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendetetkasi sejauh mana variasi variasi pada factor berkitan dengan variasi variasi satu atau lebih factor lain berdasarkan koefisisen korelasi.
4. Penelitian eksperimen sungguhan
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab akibat dengan cara mengenakan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental, satu atau lebih kondisi perlakuan dan membandingkan hasilnya dengan satu atau lebih kelompok control yang tidak dikenakan kondisi perlakuan.
5. Penelitian eksperimen semu
Bertujuan untuk memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang dapat diperoleh dengan eksperimen yang sebenarnya, dalam keadaan yang tidak meungkinkan untuk mewngontrol atau memanipulasikan semua variabel yang relevan.
6. Penelitian tindakan
Penelitian ini bertujuan mengembangkan ketampilan ketrampilan baru atau pendekatan baru da untk memecahkan masalah dengan penerapan langsung didunia actual.
7. Penelitian survey
Merupakan penelitian yang dilakjukan pada populasi besar maupun kecil tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehinga ditemukan kejadian kejadian relative, distribusi dan hubungan hubungan antar variabel ssiologis mapun psikologis.
8. Penelitian evaluasi
Merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan yaitu untuk embandingkan suatu kejadian, kegiatan dan produk dengan standard an program yang telah ditetapkan.

F. Penelitian ditinjau dari tingkat eksplanasi
1. Penelitian deskriptif
Adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau penghubungan dengan variabel lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta fakta dan sifat sifat populasi atau daerah tertentu.
2. Penelian komparatif
Merupakan penelitian yang bersifat mebandingkan dengan tujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara pengamatan terhadap akaibat yang ada dan mencari kembali factor yang mungkin menjadi penyebab mnelalui data data tertentu.
Penelitian ini bersifat ex post facto dimana data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dipersoalkan berlangsung,peneliti mengambil satu atau lebih akibat dan menuji data itu dengan menelusuri kembali ke masa lampau untuk mwncari sebab akibat, slaing hubungan dan maknanya.
3. Penelitian asosiatif
Merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Dengan peneltian ini maka akan dibangn suatu teori yang dapat menelaskan, metamalkan dan mengonrol suatu gejala.



DAFTAR PUSTAKA

Suharsimi Arkunto. 2006. Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek. Jkarta:L Rineka Cipta
Ircham Machfoedz. 2006. Metodologi penelitian. Yogyakarta:Fitramaya
Prof Dr Sugiyono. 2008. Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R N D. Bnadung: Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini